Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Kawah Ijen Banyuwangi

Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen Pesona Wisata BanyuwangiSebagai travel online yang bergerak dibidang pariwisata, disini kami travel agency agentwisatabromo.com akan memberikan sedikit ulasan mengenai “Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Kawah Ijen Banyuwangi”. Gunung Ijen atau Kawah Ijen adalah salah satu Wisata Jawa Timur sekaligus wisata Alam terkenal di dengan kategori tempat wisata populer di Banyuwangi Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ijen juga salah satu gunung di Surabaya, Jawa Timur yang bisa didaki (trekking tour) dan masih aktif hingga saat ini, lebih uniknya lagi, Kawah Ijen satu satunya wisata di Surabaya yang memiliki fenomena Alam berupa Api Biru yang terkenal dengan sebutan Blue Fire Ijen.

Kini Jawa Timur menjadi primadona wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional, Setelah Batu, Malang, Probolinggo dan Surabaya, Banyuwangi juga memiliki potensi wisata yang sangat keren untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari pantai hingga gunung, Banyuwangi layak untuk dijadikan prioritas wisata yang menarik dan dijadikan destinasi wisata yang wajib di kunjungi, Salah satunya adalah Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

Setelah Wisata Gunung Bromo dan Gunung Semeru, Wisata Kawah Ijen Banyuwangi adalah salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur yang terletak disebelah timur Gunung Merapi (jawa timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi).

Tinggi, Luas Dan Suhu Di Gunung Ijen.
Kawah Ijen Banyuwangi merupakan danau sulfur yang memiliki luas sekitar 54 hektar, dengan ketinggian permukaan kawah sekitar 2.148 m di bawah permukaan laut, bibir kawahnya memiliki ketinggian 238 m di atas permukaan laut dengan kedalaman 200 m. Danau vulkanik ini mengandung sekitar 36.000.000 m air asam yang sangat panas.

Dari segi iklim suhu udaranya minimum mencapai 2 derajat Celcius serta maksimum 18 derajat Celcius. Keadaan geografis serta topografi disekitar Kawah Ijen memungkinkan untuk tumbuhnya beberapa jenis tumbuhan seperti rerumputan, anggrek, cemara gunung, jamuju, eidelweis dan beberapa tanaman lain. Keindahan alam yang ada disekitarnya tidak akan sempurna tanpa adanya dukungan dari keindahan gunung-gunung diskelilinginya, seperti Gunung Raung, Gunung Merapi, Gunung Papah, dan Gunung Widodaren.

Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Ada tiga tujuan wisata utama di Banyuwangi, Surabaya, yaitu Gunung Ijen – Pantai Plengkung dan Pantai Penyu Sukamade. Ketiga tempat wisata ini menjadi andalan sektor pariwisata Banyuwangi, Surabaya dan dikenal dengan istilah Triangle Diamonds (segitiga berlian). Karena jika ditarik garis lurus yang menghubungkan lokasi ketiga tempat wisata tersebut, maka akan terbentuk sebuah segitiga.

Akan tetapi dipostingan ini kami hanya ingin mengulas mengenai Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Kawah Ijen Banyuwangi, karena Kawah Gunung Ijen merupakan satu satunya wisata Alam yang paling banyak diminati oleh wisatawan setelah Wisata Gunung Bromo. Gunung Ijen ini menjadi tempat favorit bagi mereka komunitas pecinta pendakian (trekking ijen crater), bahkab selain menjadi tujuan wisata naik gunung (trekking tour). Disini juga Anda akan melihat secara langsung api biru (blue fire ijen) saat malam hari dengan iringan bintang galaxy yang populer dengan sebutan Ijen milky way tour. Dan saat itu juga Anda dapat melihat aktivitas penambangan belerang tradisional yang hilir-mudik di area bekas letusan Kawah Ijen Banyuwangi.

Letak dan Lokasi Kawah Ijen Banyuwangi
Mengenai letak dan lokasi Kawah Ijen, ada yang menyebutnya Kawah Ijen Banyuwangi, ada pula yang menyebutnya Kawah Ijen Bondowoso, wajar saja, karna wisata gunung Ijen merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran yang terletak diperbatasan 2 daerah, yaitu wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso, jadi identik dengan wisata Banyuwangi dan Bondowoso.

Rute Menuju ke Kawah Ijen dari Banyuwangi
Mnegenai Rute untuk menuju ke Kawah Ijen, perjalanan bisa dilakukan dari Kota Banyuwangi atau Bondowoso  menuju daerah Paltuding di desa licin. Di sana akan ada loket yang buka pada pukul 01.00 dini hari. Pendakian dilakukan dari Paltuding mulai dini hari setelah membeli tiket hingga jam 12.00 siang harinya. Jika Anda tidak ingin Blue Fire Ijen, kami sarankan berangkat lebih awal -+ pukul 02:30am, karna pendakian memerlukan waktu -+ 2 jam.

Rute Menuju ke Kawah Ijen dari Surabaya / Malang
Rute dari Surabaya atau Malang menuju ke Kawah Ijen Banyuwangi Bondowoso, jaraknya sekitar 225 KM, dengan kendaraan darat (mobil/sepeda motor) atau memerlukan waktu berkendaraan kurang lebih sekitar 6 – 7 jam.

Akses Jalan Menuju ke Kawah ijen banyuwangi
Akses Jalan ke Kawah Ijen dapat ditempuh melalui 2 jalur yaitu, barat dan timur. Para pendaki lebih banyak memilih jalur barat, karena terbilang mudah (waktu 1,5 jam dari ujung jalan menuju tepi danau). Dan yang wajib di perhatikan bagi para pengunjung untuk mengeksplor kawasan ini, dibutuhkan stamina smaksimal munkin, karena semua lokasi kebanyakan ditempuh dengan berjalan kaki.

Bagi mereka pecinta pendakian gunung, akses jalan bisa ditempuh dalam 3km dari Paltuding. Paltuding sendiri adalah area pemberhentian sebelum manaiki atau trekking ke puncak Ijen. Dipaltuding, terdapat camping ground, asrama serta kantor penerangan taman nasional, dimana para pendaki bisa mendapatkan info lengkap seputar keselamatan sebelum mendaki kawah Ijen.

Karna jalan di sekitar kawah sangatlah curam dan menanjak, dengan melewati tepian hutan yang dapat dengan mudah diikuti. Perjalanan ini dapat ditempuh sekitar 90 menit. Para pengunjung bisa berjalan di sepanjang bagian atas kawah, atau turun ke tepi danau yang sempit yang biasa dilalui para penambang saat mengambil belerang.

1. Jalur barat menuju Gunung Ijen
Surabaya – Bondowo 191km menggunakan mobil
Bondowoso – Sempol 165km menggunakan mobil
Sempol – Banyupait 14km menggunakan mobil
Banyupait – Paltuding 4km menggunakan mobil
Paltuding – Kawah Ijen 3km berjalan kaki

2. Jalur timur menuju Gunung Ijen
Denpasar – Banyuwangi 140 Km menggunakan mobil
Kota Banyuwangi – Jambu 18Km menggunakan mobil
Desa Jambu – Kawah Ijen 21 Km berjalan kaki

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen
Harga Tiket Masuk di Kawah Ijen relatif murah, bahkan sebagian wisatawan mengatakan Harga Tiket Kawah Ijen tidaklah sepadan dengan keindahan wisata Kawah Ijen. Ketika Anda ingin berkunjung ke Wisata Kawah Ijen, perhatikan harga tiket masuk berikut ini agar bisa melakukan persiapan wisata yang benar-benar sesuai budget.

  • Domestik : Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk akhir pekan
  • Mancanegara : Rp 100.000 untuk hari biasa dan Rp 150.000 untuk akhir pekan
  • (Apabila Anda membawa kamera atau ingin mengadakan acara pengambilan gambar komersil, maka dikenakan biaya Rp 10.000.000)

Tips Wisata ke Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi dan Gunung Bromo Probolinggo merupakan tempat wisata yang mirip, hanya saja kalau di Gunung Bromo kita menggunakan jasa Sewa Jeep Bromo, sedangkan di Kawah Ijen kita lebih banyak memepersiapkan fisik sekaligus barang bawaan yang akan dipergunakan untuk mendaki. Agar wisata Anda berjalan lancar tanpa hambatan, berikut beberapa tips wisata ke Kawah Ijen Banyuwangi :

  • Pakaian hangat atau jaket gunung
  • Sepatu trekking atau sandal gunung
  • Gunakan tour guide atau pemandu wisata
  • Bekal makanan ringan (cokelat atatau biskuit)
  • Siapkan Air minum untuk mengantisipasi rasa haus dan dehidrasi.
  • Sewa masker khusus dari paltuding atau minta bantuan ke tour guide
  • Senter atau Headlamp
  • Kamera terbaik untuk mengabadikan momen blue fire.
  • Patuhi perintah dari petugas setempat atau rekomendasi dari pengelola wisata.
  • Jaga kebersihan sekitar tempat wisata
  • Persiapan fisik Anda sebelum pendakian ke Kawah Ijen.

Fasilitas Kawah Ijen
Berwisata ke Kawah Ijen tentunya bertujuan untuk menikmati keindahan alam Kawah Ijen dengan fasilitas yang cukup lengkap dan sesuai dengan keperluan wisata kita. Berikut ini beberapa Fasilitas di Kawah Ijen, di antaranya :

  • Warung makanan
  • Toilet
  • Lokasi parkir
  • Persewaan masker
  • Tour guide
  • Taksi lokal / Troli
  • Sunrise view point
  • Blue fire view pont
  • Oleh-oleh atau souvenir

Waktu Terbaik Mengunjungi Kawah Ijen
Waktu terbaik berkunjung ke Kawah Ijen Banyuwangi adalah Desember hingga Januari, karena akhir Desember, kabut di Kawah Ijen cenderung tipis dan sangat cocok untuk melihat panorama Blue Fire Ijen. Tapi selain Desember – Januari, musim kemarau merupakan waktu terbaik untuk berwisata ke Kawah Ijen, lebih lebih untuk mengexplor semua kawasan Gunung Ijen, utamanya untuk berburu blue fire di Kawah Ijen.

Untuk melengkapi, disini travel agency kami menawarkan beberapa pilihan Paket Wisata Kawah Ijen, yang sangat sesuai bagi anda yang ingin melihat keindahan Kawah Ijen Banyuwangi sekaligus fenomena Alam Blue Fire Ijen :

Demikian info menenai “Lokasi, Rute, Harga Tiket & Tips Wisata ke Kawah Ijen”. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Paket Wisata Kawah Ijen, Harga paket wisata, Fasilitas wisata, Pilihan Paket Wisata Surabaya, dan lain lain, silahkan hubungi kontak travel agent kami.

Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Wisata ke Kawah Ijen Banyuwangi

AGENT WISATA BROMO

AGENT WISATA BROMO adalah professional tour agency yang menyediakan paket wisata lengkap dengan harga dan fasilitas memuaskan, paket wisata yang kami sediakan terdiri dari wisata rafting, trekking, volcano, air terjun, photography, preweding background, culture and religious tourism, Kami juga menyediakan custom tour (personal planning).

You may also like...

Open chat