“Suramadu”, Jembatan Terpanjang di Indonesia

“Suramadu”, Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan Suramadu, Tempat Wisata Di Surabaya Jawa Timur“Suramadu”, Jembatan Terpanjang di Indonesia – Siapa yang tidak mengenal Jembatan Suramadu, sebuah jembatan yang melintasi selat Madura sekaligus jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dengan Pulau Madura di Bangkalan.

Lokasi Suramadu berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya beralamat di timur kamal, Kota Surabaya, Jembatan sepanjang 5.438 M ini merupakan Jembatan perpanjang di Indonesia sekaligus jembatan yang menjadi tempat wisata Surabaya terpopuler saat ini.

Suramadu termasuk jalur satu satunya antara kota Surabaya dan Madura yang terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung dan jembatan utama. Sebagai jembatan kebanggaan yang kini juga berfungsi sebagai tempat wisata terkenal di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kini Suramadu tergolong tempat wisata utama yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sejarah Jembatan Suramadu Jawa Timur

Sejarah singkat Pembangunan Jembatan Nasional Suramadu ini berawal disaat masa Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Asal usul nama Suramadu yang merupakan singkatan dari nama masing-masing daerah, yakni “Surabaya dan Madura”.

Maksud di bangunnya Jembatan Suramadu penghubung antara Kota Surabaya – Pulau Madura ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi di bidang infrastruktur sekaligus perekonomian di daerah Madura, yang mana pulau Madura selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan daerah di Jawa Timur lainnya.

Keindahan Jembatan Suramadu akan lebih tampak indah disaat malam hari, bagi wisatawan yang berkunjung pada malam hari dapat menyaksikan indahnya kerlip kerlipnya lampu di tiga konstruksi (jalan layang, jembatan penghubung, jembatan utama), bahkan pesona indah di Jembatan Suramadu ini banyak dimanfaatkan oleh wisatawan yang sedang liburan di kota Surabaya.

Bagi pecinta fotografer, Suramadu bridge merupakan salah satu tempat yang wajib di abadikan keindahannya, pada umumnya mereka komunitas photography melakukan pemotretan Jembatan disaat malam hari, karena gemerlapnya cahaya lampu di sepanjang jembatan akan menampilkan keindahan tersendiri.

Selain lampu terpasang di sepanjang jembatan, lammpu tersebut juga terpasang di menara jembatan Suramadu, sehingga akan tampak kombinasi warna yang seolah-olah dapat berubah-ubah dan akan membuat suasana menjadi menarik. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati suasana selat madura dari atas Jembatan Suramadu.

Sepanjang pejalanan akan tampak pada sisi kanan-kiri, seolah olah kita sedang melayang di atas lautan, ketika menoleh ke arah Surabaya, akan tampak megahnya Patung Jalesveva Jayamahe serta kawasan Pantai Kenjeran. Selain itu akan tampak juga aktifitas kapal yang sedang menyeberangkan barang diiringi suara gemuruh pelan air laut yang semilir.

Namun tidak sebatas itu saja, para pecinta fotografi, selain melakukan pemotretan di malam hari, juga kerap melakukan pengambilan gambar pada pagi hari untuk mengabadikan sunrise dan sore hari untuk pemotretan sunset dari sampaing jembatan suramadu.

Jalur Menuju Jembatan Suramadu

Untuk jalur kendaraan roda empat, tentu memiliki jalur terpisah dengan jalur untuk kendaraan roda dua. Lebar jembatan sekitar 30 kilometer, dibagi menjadi empat buah lajur dengan dua arah yang lebarnya 3,5 meter dan ada dua lajur darurat yang lebarnya 2,75 meter.

Pada awal dibukanya jembatan Suramadu, melewati jembatan akan dikenakan biaya, yakni tarif sekali jalan 3000 rupiah untuk kendaraan roda dua, 30,000 rupiah untuk mobil. Tapi dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo, semua kendaraan yang melintasi jembatan suramadu di gratiskan.

Namun semua pengguna jembatan harus tetap mematuhi aturan aturan penting, dimana semua kendaraan tidak boleh berhenti, jadi apabila wisatawan ingin memotret diperkenankan hanya dari dalam kendaraan.

Alternatif Menikmati Pesona Jembatan Suramadu

Apabila Anda tidak puas hanya sekedar menikmati dari atas kendaraan disepanjang jembatan suramadu, maka dapat menyewa perahu disisi jembatan atau menggunakan kapal melalui Pelabuhan Tanjung Pera. Aktifitas ini dapat anda lakukan ketika Anda sedang liburan ke tempat tempat wisata Jawa Timur, kuhususnya wisata sekitar Surabaya atau ketika berwisata ke Bukit Jaddih Madura, Ciputra Waterpark, Kebun Binatang, Tugu pahlawan, Monumen kapal selam, Museum Sampoerna dan tempat wisata sekitar Surabaya lainnya.

Anda juga dapat menikmati wisata kuliner yang terdiri dari berbagai makanan yang ditawarkan di sepanjang jalur Surabaya-Madura, seperti soto Madura, Sate kamobing, Makan khas favorit sea food, mulai dari cumi-cumi, kepiting, kakap, gurami, bahkan sirip ikan hiu dapat dengan mudah ditemukan disini.

Mengujungi Jembatan Suramadu juga dapat anda lakukan sebelum atau sesudah mengunjungi tempat tempat terkenal di kawasan Surabaya, Jawa Timur, seperti Wisata Gunung Bromo, Kawah Ijen Banyuwangi, Taman baluran, Tumpak Sewu, Air terjun madakaripura atau Malang Batu city tour.

Demikian info mengenai wisata Jembatan Suramadu Surabaya. Untuk informasi selenkapnya mengenai Suramadu atau tempat wisata menarik lainnya, seperti Wisata Bromo, Kawah Ijen, Tumpak Sewu, Malang Batu sekligus fasilitas wisata, seperti halnya sewa mobil, Sewa Jeep Bromo, Penginapan (hotel, homestay, villa), Cara booking tiket bromo atau fasilitas wisata lainnya, silahkan hubungi kontak travel agen kami.

PILIHAN PAKET WISATA SURABAYA :

Suramadu, Jembatan Terpanjang di Surabaya

Mungkin Anda juga menyukai

Open chat