Monumen Jalesveva Jayamahe, Wisata Sejarah di Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe, Wisata Sejarah di Surabaya – Eh,, ternyata selain wisata alam Gunung Bromo, Surabaya, Jawa Timur juga memiliki banyak tempat tempat wisata bersejarah Dan salah satunya tempat wisata sejarah yang sangat diminati wisatawan adalah Wisata Monumen Jalesveva Jayamahe.

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah sebuah monumen yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Monumen Jalesveva Jayamahe  merupakan  monumen yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang berbusana pakaian Dinas Upacara lengkap dengan pedang kehormatan.

Patung Monumen Jalesveva Jayamahe tersebut berdiri di atas bangunan setinggi mencapai 30,6 meter, sehingga Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di kota Surabaya ini sangat tanpak dari Jembatan Suramadu. Monumen Jalesveva Jayamahe juga jadi salah satu tempat wisata di kawasan kota Surabaya.

Jika Anda kebetulan liburan ke Surabaya atau sedang mengikuti program trip Paket Wisata Bromo atau Malang Batu, ada baikknya untuk menyempatkan diri untuk melihat Monumen Jalasveva Jayamahe. Monumen ini akan membakar rasa nasionalisme Anda sekaligus mengingatkan kejayaan negeri kita di lautan.

Arti Jalesveva Jayamahe sendiri adalah¬†“Di Lautan Kita Jaya”. Monumen ayamahe ini untuk membangkitkan memori kejayaan negeri ini di laut. Seperti diketahui, Indonesia sejak dulu terkenal karena ketangguhannya di lautan. Sejak era Sriwijaya sampai Majapahit, Indonesia terkenal sebagai negeri yang kuat secara maritim.

Sejarah Patung Jalesveva Jayamahe

Sejarah Monumen Jalesveva Jayamahe ini mulai dibangun pada tahun 1990-an atas inisiatif Kepala Staf TNI waktu, Laksamana TNI Muhammad Arifin. Enam tahun kemudian monumen ini selesai dibangun dan diresmikan bertepatan dengan Hari Armada RI pada 5 Desember 1996 oleh Presiden Soeharto.

Perancang monumen Jalesveva Jayamahe ini adalah seniman kenamaan, Nyoman Nuarta. Biaya pembangunan monumen Jalesveva Jayamahe dikabarkan menghabiskan dana sekitar Rp 27 milyar. Tak heran jika biaya yang dibutuhkan cukup besar, sebab untuk membuat patung perwira tersebut konon membutuhkan lebih dari tiga ribu ton tembaga.

Akses Menuju Monumen Jalesveva Jayamahe

Ada dua jalan menuju patung Monumen Jalesveva Jayamahe yang bisa Anda lalui untuk sampai ke Pintu Gerbang Armatim. Jalan pertama adalah dari Jalan Perak Timur, Anda bisa masuk ke Jembatan Petekan.

Sedang jalan kedua untuk menuju lokasi Jalesveva Jayamahe ini dari Jalan Sidotopo. Kedua jalan tersebut akan bermuara di pintu gerbang armatim. Dari pintu gerbang ini, lokasi monumen berjarak sekitar tiga sampai empat kilometer lagi.

Pengunjung yang datang ke Jalesveva Jayamahe secara rombogan nantinya akan mendapatkan guide yang akan memandu menuju lokasi. Pemandu tersebut akan menjelaskan berbagai lokasi di Monumen Jalesveva Jayamahe ini.

Jam Buka Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 7.30 sampai pukul 15. Di luar hari itu, termasuk hari libur, tidak diperbolehkan untuk melakukan kunjungan.

Bagi wisatawan yang hedak berkunjung ke Monumen Jalesveva Jayamahe ini, sebelumnya harus mengurus perijinan atau jauh-jauh hari harus sudah mengurus perijinan terlebih dulu, baik kunjungn sendiri atau secara rombongan, Paling tidak dua minggu sebelum rencana kunjungan.

Ajukan permohonan kunjungan ke Dinas Penerangan Koarmatim yang beralamat di Jalan Taruna 1 Ujung. Untuk nomer teleponnya Anda bisa hubungi (031) 3292706, 3201194, 3201191. * Lihat juga sejarah Museum House Of Sampoerna.

Tempat Wisata Alternati di Surabaya

Ketika Anda mau mengunjungi wisata Gunung Bromo, Kawah Ijen, Tumpak Sewu, Malang Batu atau tempat wisata lainnya, ternyata Anda terlalu pagi tiba di airport atau stasiun Surabaya, ada baiknya Anda isi dengan program Surabaya city tour, salah satu nya mengunjungi Monumen Jalesveva Jayamahe.

Biasanya Monumen Jalesveva Jayamahe ini oleh wisatawan dijadikan wisata kombinasi antara Paket Wisata Bromo atau Malang Batu, oleh karena itu disini travel agen kami menyediakan beberapa pilihan paket tour yang dapat anda gabungkan dengan city tour Surabaya, diantaranya :

Untuk info selengkapnya mengenai “Monumen Jalesveva Jayamahe“, Fasilitas wisata, Tiket masuk, Tempat wisata menarik di Surabaya atau pilihan paket tour sekaligus sewa transportasi, mobil ke Bromo, Sewa Jeep Bromo dan fasilitas wisata lainnya, silahkan hubungi kontak travel agen kami.

Monumen Jalesveva Jayamahe, Wisata Sejarah di Kota Surabaya

Mungkin Anda juga menyukai