Blue Fire, Fenomena Alam Terindah Di Kawah Ijen Banyuwangi

Blue Fire“, Api Biru Di Kawah Ijen Banyuwangi

Blue Fire, Fenomena Alam Terindah Di Kawah Ijen BanyuwangiBlue Fire, Fenomena Alam Terindah Di Kawah Ijen Banyuwangi, Gunung Ijen merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, dengan ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Letusan terakhir Gunung Ijen trejadi pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah belerang berwarna Biru dan Api Biru yang unik dan hanya dapat dilihat di Kawah Ijen – Banyuwangi, yang populer dengan sebutan Blue Fire / Blue Flame  yang terletak di puncaknya.

Obyek Wisata Gunung Ijen merupakan wisata Banyuwangi yang terkenal memiliki keindahan matahari terbitnya, sebagimana keindahan Sunrise Tour yang dimiliki wisata Gunung Bromo, Akan tetapi, indahnya fenomena Blue Fire Ijen berhasil mengalahkan popularitas matahari terbit di Banyuwangi yang disebut sebagai matahari pertama di Jawa. Tidak heran, jika banyak wisatawan dari berbagai negara rela datang jauh-jauh sekedar untuk melihat penampakan si Api Biru di kawah Ijen pada malam hari.

Keindahan Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

Tips Untuk Melihat “BLUE FIRE” KAWAH IJEN BANYUWANGI

Tips Pendakian ke Kawah Ijen utuk melihat Api Biru di malam hari sangatlah mudah. Wisatawan di wajibkan berangkat sekitar jam 01:00 malam dari hotel, lalu mempersiapkam diri untuk menuju ke start pendakian (Paltuding), dan yang terahir memulai pendakian dari paltuding menuju puncak kawah dengan jarak sekitar 4 kilo, bagi yang ingin menyaksikan fenomena api biru (Blue Fire). Tentu pendaki di wajibkan siap baik secara mental dan fisik yang benar-benar fit. Berikut beberapa tip yang harus dipersiapkan bagi Anda yang hendak berwisata di gunung kawah ijen :

1. Stamina
Stamina merupakan syarat trekking Ijen, karena Gunung Ijen memiliki ketinggian mencapai 2443 mdpl, panjang pendakian 4 kilo, dan medan yang di lalui jalannya berpasir yang terjal dengan kemiringan sekitar 55 derajat. Bagi yang ingin menyaksikan fenomena Blue Flame | Blue Fire, pendakian di mulai jam 1.00, makasimal pada pukul 1.30 wib. pastinya lebih membutuhkan setamina extra, dimana kita harus bangun lebih awal dan menerjang suhu kawah ijen yang mencapai 10 derajat selsius.

2. Perlengkapan
Perlengkapan atau Peralatan saat mendaki gunung kawah ijen yang tidak patut kita lalaikan adalah jaket tebal, sepatu gunung, senter, dan obat-obatan. Namun yang paling utama perlengkapan yang sangat fatal jika kita lalaikan adalah masker untuk melindungi gangguan pernafasan dari gas racun yang di semburkan kawah ijen. Di mana gunung kawah ijen selain memiliki pesona alam yang memukau, juga salah satu kawah yang memiliki sumber belerang terbesar di Indonesia.

3. Perbekalan Makan dan Minum
Pendakian yang begitu menguras setamina, dapat mengurangi cairan di tubuh kita, di saat pendakian mencapai setengah perjalanan kita akan terasa haus dan lapar, dengan terjadinya hal seperti ini, tentu menghambat perjalanan kita. Maka dari itu, makanan dan minuman harus di siapkan sebelum pendakian di mulai, meskipun itu hanyalah sekedar sekerat roti. Sebenarnya, setelah kita menempuh perjalanan 2 kilo meter, di sana kita akan menemui warung sederhana, Namun disaat kita melakukan pendakian di malam hari, warung tersebut masih tutup, baru buka sekitar jam pagi.

4. Pakai Jasa Guide
Pemandu wisata atau guide itu adalah faktor utama bagi kawasan pegunungan ini, mengingat rute ke kawah Ijen sedikit sulit bagi pemula. Keutamaan guide selain membantu juga dapat menjadi teman baru dalam liburan, sehingga suasana akan lebih berbeda dari pada kita berangkat sendiri tanpa menggunakan pemandu lokal. Biasanya agent percutian dari travel sudah menyediakan jasa guide profesional yang ahli juga berpengalaman. Hal ini untuk mengetahui secara detail tentang sejarah asal usul gunung kawah ijen atau pengunjung disetiap harinya biasa menggunakan jasanya.

5. Cari Penginapan di Area Objek Wisata
Penginapan homestay di kawah ijen memang terbatas keberadaannya. namun kalian bisa menggunakan rumah penduduk supaya harga lebih murah. Jarak akan membantu anda untuk menghemat tenaga dalam pelancongan pendakian ke kawah.

*Lihat daftar Penginapan Sekitar Kawah Ijen.

Demikian info mengenai Blue Fire Di Kawah Ijen Banyuwangi, Mudah mudahan Informasi diatas akan membantu bagi Anda yang hendak melakukan lawatan pendakian ke gunung Ijen. Kurangi beban bawaan dan optimis ketika akan mendaki ke gunung kawah ijenUntuk program paket wisata Blue Fire Ijen, disini kami menyediakan beberapa pilihan paket, diantaranaya :

Program paket wisata kawah ijen murah, dapat Anda nikmati, dengan catatan penjemputan dari Banyuwangi (hotel, stasiun, airport dan pelabuhan ketapang Banyuwangi), dan lebih murah lagi, jika hanya menggunakan jasa sewa Jeep Ijen dari Banyuwangi, (hotel, stasiun, airport dan pelabuhan ketapang Banyuwangi). Untuk Info penyedia layanan online paket wisata Bromo, Kawah Ijen, Malang Batu City Tour dan jasa transportasi wisata Jawa Timur, seperti halnya, sewa Mobil Bromo, sewa Mobil Ijen, sewa Mobil Malang, Jeep Bromo, Jeep Sukamade, Jeep Semeru, dll, silahkan berhubungan kontak kami.

Blue Fire Ijen, Keindahan Alam Di Puncak Gunung Ijen Banyuwangi

AGENT WISATA BROMO

AGENT WISATA BROMO

AGENT WISATA BROMO adalah professional tour agency yang menyediakan paket wisata lengkap dengan harga dan fasilitas memuaskan, paket wisata yang kami sediakan terdiri dari wisata rafting, trekking, volcano, air terjun, photography, preweding background, culture and religious tourism, Kami juga menyediakan custom tour (personal planning).

You may also like...